
Survei akhir tahun lalu telah menunjukkan kalau tablet Galaxy Tab kurang digemari di Amerika ketimbang iPad. Namun hal serupa tidak terjadi di negara asalnya, Korea Selatan sekali lagi membuktikan negaranya memiliki banyak sekali orang yang cinta produk dalam negeri. Bukan hanya itu saja, Samsung melaporkan telah menjual 400.000 unit Galaxy Tab dalam 2 bulan sejak peluncurannya, sedangkan iPad hanya terjual 98.000 unit dalam rentang waktu yang sama.
Penjualan iPad di negara barat masih tetap tidak tergoyahkan, namun di asia timur sepertinya Apple tidak bisa meraih sukses sebesar di barat. Mungkin memang karena perbedaan budaya, strategi, pesaing, atau memang tidak memberikan prioritas disana.
Menurut harian Chosun Ilbo, memang iPad memiliki total 350.000 aplikasi yang jauh diatas 150.000 aplikasi untuk Galaxy, namun untuk konten berbahasa Korea perangkat Samsung itu masih lebih unggul. Galaxy Tab yang dirilis di Korea dilengkapi dengan konten berbagai majalah popular serta aplikasi toko buku yang sangat luas, sementara Apple hanya menyediakan sedikit e-book berbahasa Korea.
Sepertinya Samsung memang memegang posisi yang kuat di kawasan timur, wajar saja jika melihat prestasinya menjadi produsen ponsel kedua terbesar di dunia. Penerus Galaxy Tab juga dikabarkan akan hadir tahun ini. Tunggu saja perkembangan selanjutnya.
![]() |