Berita teknologi terkini

Follow TeknoUntukKita on Twitter

Inovasi dunia otomotif

Jangan biarkan anda terlewatkan tentang seputar otomotif terkini. Karena inovasi yang terjadi akan selalu menarik untuk disimak

Saatnya kita melihat keunggulan ponsel sekarang ini

Ponsel di jaman sekarang sudah tak asing lagi, terlebih perkembangan yang terjadi sangat cepat. Simak dan Get It!

Yang terbaik untuk anda

Bicara tentang gadget takkan ada habisnya, terus dan terus menarik untuk diketahui lebih lanjut. Jangan terlewatkan

Jangan katakan Game Over

Jadilah gamer sejati, dan ikuti perkembangan game yang terjadi di dunia ini. Dan jangan katakan Game Over sebelum anda mencobanya

Otherside

Mungkin apa yang kami berikan kurang menarik? lihatlah disini anda akan mendapatkannya

Latest Posts

24 Maret 2010. Di hari tersebut, Nintendo mengumumkan sebuah sistem penerus dari Nintendo DS. Namanya Nintendo 3DS. Seperti namanya, 3DS bakal membuat gamer bisa memainkan & menikmati game-game yang dirilis untuk handheld ini dengan teknologi 3D. Canggihnya, efek 3D pada sistem ini dapat kita lihat tanpa membutuhkan pemakaian kacamata 3D yang ribet itu.
Seperti halnya pengembangan konsol Wii sebelum ini, Nintendo kali ini juga menyasar target yang berbeda dengan kedua kompetitornya. Di saat yang sama, Sony dan Microsoft tengah sibuk bersaing untuk memasarkan teknologi motion control mereka masing-masing. Sementara Nintendo mencoba untuk menawarkan suatu hal lain yang baru, yaitu teknologi 3D.
Apa Yang Anda Lihat di Balik Kacamata Itu, Iwata-San?
Bagaimana 3DS bisa memunculkan efek 3D tanpa perlu menggunakan kacamata 3D? Jawabannya adalah melalui proses autostereocopy. Proses yang memunculkan gambar stereoskopik (gambar yang menambahkan persepsi akan kedalaman secara 3D) ini memerlukan sebuah piranti bernama parallax barrier (seperti sebuah layar LCD) yang ditempatkan tepat di depan sumber cahaya.
Selain 3DS, teknologi ini juga telah diterapkan oleh Sharp, Hitachi, Fujifilm, Apple hingga Land Rover. Dari sistem handheld untuk bermain game, laptop, telepon seluler, kamera digital, piranti pemutar musik portable, hingga sistem navigasi sebuah SUV. Itu belum menghitung penggunaannya di bidang pendidikan, juga sistem keamanan yang diterapkan oleh beberapa bandar udara.
Bahkan fakta berbicara, pengembangan teknologi 3D ini telah diuji oleh Nintendo sejak waktu yang lama, yaitu saat salah satu raksasa game Jepang ini masih berkutat dengan konsolnya di akhir '80-an, Famicom. Famicom Grand Prix II: 3D Hot Rally adalah game pertama Nintendo yang menggunakan teknologi 3D, yang pada saat itu masih menggunakan kacamata khusus berbahan liquid crystal.
Ribetnya Bermain dengan Virtual Boy

Ingat Virtual Boy? Hasil karya Gunpei Yokoi, kreator Game Boy, di tahun 1995 itu dapat dikatakan termasuk nenek moyang dari 3DS. Hal itu disebabkan karena konsol itu merupakan yang pertama kali mampu menampilkan gambar 3D secara stereoskopik melalui parallax barrier. Sayangnya Virtual Boy gagal total di pasaran. Shigeru Miyamoto pun berpikir konsepnya kelewat maju untuk saat itu.
Proses uji coba akan penerapan teknologi 3D di konsol mereka berlanjut di tahun 2001, saat GameCube sedang mengalami masa jayanya. GameCube merupakan konsol kedua Nintendo yang capable untuk grafis 3D secara stereoskopik. Hideki Konno menjelaskan bahwa mereka ketika itu menguji coba teknologi 3D tersebut pada Luigi's Mansion, tak lama setelah game itu dirilis.
Dari penjelasan Konno, diperoleh informasi bahwa Nintendo sempat mengembangkan game tersebut dengan alat yang berbeda demi dapat menghasilkan pengalaman 3D pada GameCube. "Alasan kami untuk tidak melanjutkan proses tersebut pada saat itu adalah karena konsol dan alat 3D-nya hadir secara terpisah," ujar Konno.
Apakah Kamu Membayangkan Bakal Ditelan oleh Bowser di 3DS?

"Dan fitur tersebut tidak akan dapat dimainkan, terkecuali Anda mempunyai keduanya yang tentu membutuhkan biaya lebih banyak. Kini semuanya telah dituangkan ke dalam satu ujud yaitu 3DS, lengkap dengan layar LCD-nya," lanjut beliau. Satoru Iwata juga sempat menambahkan bahwa Nintendo pernah menguji versi 3D dari Wii Sports Golf setelah game tersebut diluncurkan.
"Ketika mendengar tentang 3D, orang-orang berpikir bahwa karakter-karakter akan tampak keluar dari layar. Namun setelah Anda memulainya, teknologi 3D membuat skala grafis yang ada menjadi semakin jelas dan akan terasa lebih mudah bagi Anda untuk mengukur segalanya langsung dengan mata, " ungkap Konno menyimpulkan.

Iwata juga menyadari bahwa visualisasi 3D memang berpotensi mengganggu kesehatan penglihatan anak-anak. Beliau menjanjikan bahwa akan terasa mudah untuk menonaktifkan fitur 3D pada handheld ini. Selain itu, dikonfirmasikan pula bahwa tidak setiap game yang dirilis untuk 3DS bakal membutuhkan fitur 3D untuk dapat dimainkan.

Menurut pemberitaan media dan kemudian dikonfirmasi secara langsung oleh Nintendo pada perhelatan E 3 2010 yang berlangsung pada pertengahan Juni tahun lalu, Nintendo mengembangkan 3DS ini sebagai penerus dari semua seri Nintendo DS. Tentu saja generasi Nintendo DS kelima yang ditampilkan untuk kali pertamanya di ajang itu akan memiliki kompatibilitas dengan seluruh serinya.
Sedikit bernostalgia, seri Nintendo DS pertama kali berkiprah di wilayah Amerika saat DS original meluncur per November 2004. Diikuti kemudian oleh DS Lite pada Juni 2006, DSi per April 2009, dan DSi XL pada Maret 2010. Sementara jika diurutkan menurut susunan handheld keluaran Nintendo, 3DS menjadi sistem handheld-nya yang keempat, setelah Game Boy, Game Boy Advance dan DS.

3DS Melakukan Debutnya di Electronic Entertainment Expo 2010!

Kembali ke ajang E3 2010, khalayak gamer dikejutkan dengan judul-judul game yang bakal rilis di sistem handheld ini, baik yang merupakan kelanjutan serial populer mau pun yang benar-benar baru. Beberapa judul tersebut setidaknya membuat kita lebih melek akan kekuatan teknologi yang bakal diusung oleh 3DS.

Tak seperti sebelum-sebelumnya, para pengembang third-party kini lebih banyak menyumbangkan porsi. Seperti Capcom yang menjanjikan hadirnya sebuah game Resident Evil baru, Assassin's Creed terbaru dari Ubisoft, Tecmo yang membawakan serial fighting Dead or Alive-nya, hingga Konami yang langsung membuat gebrakan dengan Metal Gear Solid: Snake Eater 3D.

Berikut selengkapnya untuk judul-judul game yang direncanakan untuk rilis di 3DS. Patut diperhatikan, beberapa darinya masih merupakan working title atau hanya sekedar kode proyek. Siap-siap saja untuk memilih & membelinya setelah sistem handheld ini diluncurkan di Jepang per akhir Februari 2011, serta di Amerika, Eropa dan Australia pada akhir Maret 2011.

Ada yang Telah Kamu Targetkan untuk Dibeli?

Beberapa petinggi Nintendo, seperti Miyamoto dan Eiji Aonuma, juga sempat menyatakan bahwa Nintendo tengah berusaha secara aktif dalam menelusuri kemungkinan untuk me-remake game-game lama mereka demi diluncurkan kembali untuk 3DS. Terdengar mengasyikkan, apalagi setelah dikonfirmasikannya Ocarina of Time dan Star Fox 64 3D sedang dikembangkan ke arah sana.
Sementara jika ditilik dari sisi hardware, walaupun Nintendo belum mengungkap resmi akan beberapa jerohan-nya, 3DS akan diperkuat oleh sebuah prosesor grafis PICA200 yang dikembangkan secara custom oleh Digital Media Professionals, sebuah perusahaan Jepang yang bergerak di bidang teknologi grafis.
Desain Final 3DS

Handheld ini memiliki dua layar yang berbeda. Layar atas yang merupakan layar 3D-nya, memiiki ukuran 3,53 inci dengan perbandingan layar 5:3 dan resolusi selebar 800×240 pixel (400×240 pixel per eye, WQVGA) yang dapat memunculkan efek 3D secara autostereoscopic, sehingga tak memerlukan kacamata khusus untuk melihatnya.
Sementara layar bawahnya yang bukan 3D, merupakan touch panel resistif dengan ukuran 3,02 inci, memiliki perbandingan 4:3 dan resolusi selebar 320×240 pixel (QVGA). Berat keseluruhan 3DS diperkirakan seberat 230 gram. Sementara untuk dimensi 3DS saat tertutup akan sepanjang 13,4 cm, selebar 7,4 cm, dan setebal 2,1 cm.

Sistem handheld ini akan mendapatkan dukungan konektifitas Wi-Fi selebar 2.4 GHz 802.11 dengan format keamanan jaringan WPA2. Juga akan ada semacam dudukan khusus berupa cradle yang bakal mempercepat proses pengunduhan & pengunggahan, yang sekaligus berfungsi menjadi sebuah charger bagi sang 3DS.
Seperti janji Iwata, terkait kemudahan untuk menonaktifkan fitur 3D pada handheld ini, 3DS dilengkapi dengan sebuah slider di sisi sampingnya yang membuat kita dapat menyesuaikan intensitas akan efek 3D yang muncul. Sebuah stick analog bulat berukuran sebesar ibu jari yang dinamai Circle Pad, fungsi accelerometer dan gyroscope makin membedakannya dari Nintendo DS.
3DS: 'Miliki Aku~uu!'

Bukan hanya satu atau dua, 3DS dilengkapi oleh tiga kamera. Dua kamera yang terletak di luar handheld ini mampu mengambil foto secara 3D. Satu kamera lagi terletak di dalam 3DS, posisinya berada di puncak layar atas dan menghadap ke kita, yang mampu mengambil foto & video secara 2D. Ketiga kamera tersebut sama-sama memiliki resolusi selebar 640×480 pixel (0.3 megapixel).
Btw, tidak hanya sebuah penerus baru untuk seri Nintendo DS, namun Nintendo juga tengah mempersiapkan suatu hal vital lainnya. Sebuah cartridge baru akan dipergunakan untuk 3DS dan bakal memiliki kapasitas sebesar 2GB. Kabarnya cartridge baru berformat SD Card ini akan lebih membantu Nintento dalam mengatasi kasus pembajakan yang marak terjadi pada handheld-nya.
Cartridge Baru untuk 3DS

"Pembajakan telah menjadi sebuah masalah yang sangat serius di Asia dan Eropa. Hal itu menyebabkan penurunan pada penjualan software. Kami mengalami ketakutan apabila pembajakan telah meluas, para gamer akan merasa sia-sia untuk mengeluarkan uang demi memainkan sebuah game. Kami merasakan bahwa hal ini akan menjadikan krisis bagi kondisi kami. " ujar Iwata.
Selepas ajang E3 2010, Nintendo sempat mengadakan press conference terpisah selama dua kali. Pertama kali pada akhir September 2010 di Jepang, yang memperjelas berbagai fitur tambahan pada 3DS, seperti Mii Studio, Virtual Console, fungsi multitasking, fungsi augmented reality, instalasi data game, serta StreetPass dan SpotPass.

Seorang Pengunjung Mencoba Fungsi Augmented Reality dari 3DS di E3 2010

Setelah membeberkan desain final akan produk terbarunya ini di conference tersebut, Nintendo menggelar press conference keduanya secara simultan di Amsterdam dan New York yang juga dapat dinikmati secara streaming melalui situs resminya. Dalam conference kali itu, Nintendo lebih memperjelas lagi akan fitur-fitur yang ditawarkan 3DS, termasuk bisa menonton film dengannya.
Dari kedua conference yang telah berlangsung itu, didapatkan informasi mengenai pilihan warna yang bakal ada saat 3DS diluncurkan, yaitu Aqua Blue dan Cosmo Black. Sementara untuk harganya akan mencapai 25.000 yen untuk Jepang, dan $249.99 untuk Amerika. Di Eropa, harganya akan  berkisar dari angka £219.99 hingga £229.99.

Mari saya tutup preview ini dengan rincian spesifikasi 3DS yang telah diketahui secara umum saat ini. Sekali lagi patut diperhatikan, beberapa poin seperti brightness level & mikrofon masih belum diumumkan secara resmi oleh Nintendo. Mungkin menjelang peluncurannya di Jepang pada akhir bulan ini, Nintendo bakal lebih terbuka akan informasi-informasi tersebut. Kita tunggu saja dengan sabar. (hk)
Launch Price JP¥25,000
USD$249.99
GBP£/EUR€ - Set by individual retailers
Weight 230 grams (8.1 oz)
Display (Upper) 3.53 in (90 mm), 800 x 240 px (effectively 400 x 240 WQVGA per eye) at 24 bit color
Display (Bottom) 3.02 in (77 mm), 320 x 240 QVGA at 24 bit color
3D Function Control 3D depth slider
Brightness Level TBA
Microphone TBA
Battery 3-5 hours for 3DS games and 5-8 hours for DS games, depending on screen brightness (1300 mAh)
Camera One front-facing 2D and
two rear-facing 3D 0.3 MP (VGA) sensors
Physical controls Push-buttons, D-pad, analog stick, touchscreen, volume slider, 3D depth slider, wireless communications switch
Connectivity Integrated 802.11b/g, 3-axis accelerometer, 3-axis gyroscope, microphone
Card slots 3DS/DSi/DS, SD
Storage Internal storage 1.5GB Flash-based, expandable via SD card slot (2 GB card included)
Memory 64MB
Processor 2 x 266MHz ARM11
Graphics PICA200 133MHz GPU by Digital Media Professionals
Dimensions 134 mm (5.3 in) wide × 74 mm (2.9 in) deep × 21 mm (0.83 in) high
Stylus Extendable up to about 4 inches (100 mm)
Region Locking Regional lockout for 3DS software between Japan, America and Europe/Australia
Preloaded applications 3DS Sound
Mii Maker
StreetPass Mii Plaza
Face Raiders
3DS Download Play
3DS Camera
AR Games
3D Videos
System Transfer
Internet Browser

One Response so far.

  1. The Geeks says:

    Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungan anda, jangan lupa tinggalkan komentar