Berita teknologi terkini

Follow TeknoUntukKita on Twitter

Inovasi dunia otomotif

Jangan biarkan anda terlewatkan tentang seputar otomotif terkini. Karena inovasi yang terjadi akan selalu menarik untuk disimak

Saatnya kita melihat keunggulan ponsel sekarang ini

Ponsel di jaman sekarang sudah tak asing lagi, terlebih perkembangan yang terjadi sangat cepat. Simak dan Get It!

Yang terbaik untuk anda

Bicara tentang gadget takkan ada habisnya, terus dan terus menarik untuk diketahui lebih lanjut. Jangan terlewatkan

Jangan katakan Game Over

Jadilah gamer sejati, dan ikuti perkembangan game yang terjadi di dunia ini. Dan jangan katakan Game Over sebelum anda mencobanya

Otherside

Mungkin apa yang kami berikan kurang menarik? lihatlah disini anda akan mendapatkannya

Latest Posts

Samsung sudah merilis Samsung Galaxy 551 yang sudah Final Version atau versi penjualan. Samsung Galaxy 551 menggunakan Operating System Android Froyo 2.2 dengan kustomisasi tampilan TouchWiz versi 3.0. Berikut adalah review dari gadget yang satu ini.
Hardware


Desain Samsung Galaxy 551 terlihat hampir sama dengan desain Galaxy 550. Perbedaanya terlihat pada tombol yang terdapat pada bagian bawah layar, ukuran handphone, serta keyboard QWERTY yang mana tidak terdapat pada Samsung Galaxy 550. Samsung Galaxy 551 dilengkapi beberapa pilihan warna seperti hitam putih pink, dan putih pure. Pada bagian atas layar terdapat sensor cahaya serta lubang suara.





Galaxy 551 menggunakan layar sentuh kapasitif berukuran 3.2 inci dengan kedalaman 256k warna beresolusi 240 x 400 piksel. Layar sentuh terasa sensitif saat kami melakukan pinch and zoom. Saat digunakan dibawah sinar matahari, layar terlihat agak sedikit kehitaman, namun layar tetap dapat dibaca dengan baik. Dibawah layar terdapat tiga buah tombol penggunaan handphone yang terbuat dari bahan karet dan terasa empuk ketika digunakan.




Saat anda membuka sliding, maka akan terlihat keyboard QWERTY yang terdiri dari 4 baris tombol. Saat keyboard dibuka orientasi layar akan secara otomatis berubah menjadi landscape. Tombol keyboard terbuat dari bahan karet yang mudah digunakan walaupun tombol keyboard terlihat rata dengan permukaan keyboard. Mekanisme sliding keyboard terasa halus, anda hanya memerlukan sedikit tekanan untuk dapat membuka sliding layar. Pada bagian belakang Galaxy 551 terdapat kamera beresolusi 3.15 megapixel yang dilengkapi dengan fitur autofokus, lubang speaker, serta logo Google.
Samsung Galaxy 551 menggunakan tampilan antar-muka kombinasi Android dengan TouchWiz 3.0 besutan Samsung yang dikhususkan untuk perangkat layar sentuhnya. Pada home screen terdapat 7 layar home screen yang dapat anda isikan widget notifikasi atau widget akses pintas. Anda dapat menggunakan banyak pilihan widget seperti jam digital, status update, Google Search, home screen tips, Android Market, galeri foto, dan YouTube.



Untuk melihat notifikasi anda dapat menarik layar bagian atas handphone. Pada layar notifikasi juga terdapat konektivitas yang dapat anda akses dengan cepat. Tidak terdapat Live Wallpaper pada Galaxy 551 saat kami ujicoba untuk mengganti wallpaper. Ujicoba untuk menginstal langsung Live Wallpaper dari Android Market pun gagal saat ”running” aplikasi, seperti handphone ini tidak support Live Wallpaper. Menu pada kedaan ”default” hanya menampilkan dua halaman menu saja, namun layar menu akan bertambah jika anda banyak mendownload aplikasi pada Android Market. Menu memiliki dua tampilan, yaitu list dan grid.

Phonebook

Phonebook Samsung Galaxy 551 seluas galaxy, tidak terdapat batasan kapasitas penyimpanan phonebook kecuali jika memory internal handphone habis. Pada phonebook tersedia detil kontak yang dapat anda gunakan seperti alamat email, IM, nada dering personal, foto personal, alamat rumah, grup kontak dan lain sebagainya.

Anda dapat menyimpan kontak pada kartu SIM, Google Sync, atau memory handphone. Sinkronasi backup kontak dapat anda lakukan menggunakan Goggle Sync, serta menggunakan akun jaringan sosial anda seperti Facebook dan Twitter

Messaging

Anda dapat menggunakan dua buah cara untuk menginput teks pada Samsung Galaxy 551. Pertama menggunakan layar sentuh dengan dua pilihan yaitu dengan tampilan Samsung Keypad dan DioPen Chinese keypad. Kedua menggunakan keyboard QWERTY sliding milik Samsung Galaxy 551. Jika anda tidak suka mengetik menggunakan layar, lebih baik anda mengetik menggunakan keyboard QWERTY fisik. Keyboard dilengkapi dengan fungsi copy, cut, dan paste.


Masih tidak terdapat fitur menginput teks menggunakan Swype seperti pada Samsung Galaxy S dan Samsung Galaxy 550 yang kami harapkan juga hadir pada Samsung Galaxy 551 versi final.


SMS dan MMS tergabung menjadi satu editor bersama, untuk mengirimkan MMS anda dapat memasukan konten multimedia dari memory handphone atau microSD seperti foto, gambar, cuplikan video, dll. Untuk mengirimkan IM, terdapat IM bawaan Google yaitu Gtalk alias Google Talk. IM lainnya seperti Yahoo Messenger dapat anda download secara gratis pada Android market. Untuk Email, anda dapat menggunakan email standar bawaan Google yaitu Gmail. Email ini dilengkapi dengan pengaturan push email yang mana email baru langsung masuk ke inbox anda. Untuk email lain, anda tetap dapat menggunakannya namun tampilannya tidak seperti tampilan email Gmail.


Kamera

Untuk masalah mengabadikan moment, Galaxy 551 dipersenjatai dengan kamera beresolusi 3.15 megapixel autofokus. Kamera memang tidak dilengkapi dengan lampu flash, namun pengaturan kamera tergolong lengkap dan dapat digunakan untuk membantu anda memotret dalam kedaan gelap seperti menggunakan night mode. Selain itu juga terdapat fitur kamera lainnya seperti geotaging, shooting mode (single, cont, add me, smile shoot, panorama mode, action shoot), scene mode (landscape, sport, portrait, night, party/indoor, beach/snow, dwan, firework, sunset, fall colour, text, candelight, backlight), brigtness, macro mode, timer, resolusi foto (3.2 MP, 2MP, 1.3MP, dan 0.1MP), metering mode, efek warna (hitam putih, negatif, sepia), white balance (auto, cloudy, fluorescent, daylight, incandescent), dan garis foto.

 

Perekam Video

Kamera Galaxy 551 dapat digunakan untuk melakukan perekaman video beresolusi QVGA (320 x 240 piksel). Terdapat beberapa pengaturan perekam video yang dapat anda gunakan seperti resolusi durasi video (normal, MMS), brightness, timer, resolusi (QVGA, QCIF), white balance (auto, cloudy, fluorescent, daylight, incandescent), efek warna (hitam putih, negatif, sepia), kualitas video (normal, baik, sangat baik), adjust (kontras, saturation, sharpness), dan audio. Dibawah ini adalah hasil perekaman video Galaxy 551.

Multimedia (musik)

Pemutar musik Galaxy 551 dapat memutar lagu berformat MP3, WAV, dan AAC. Selain itu pemutar musik juga dilengkapi dengan pilihan EQ (normal, rock, jazz, klasik, dance, pop, live, konser, wide, bass enhancement, dan music clarity), tampilan album art, playlist, jack audio standar 3.5mm, dan chanel 5.1 (hanya dapat digunakan dengan headset).


Untuk mencari lagu yang anda inginkan, anda dapat mencarinya dengan bantuan  keyboard QWERTY dengan cara mengetik penyanyi atau judul lagu yang anda inginkan. Saat lagu dimasukan kedalam handphone, pemutar musik akan secara otomatis memisahkan algu berdasarkan penyanyi, album, dan judul lagu. Kualitas audio Galaxy 551 tergolong bagus untuk sebuah handphone bisnis.

Konektivitas

Konektivitas lengkap tampaknya sudah menjadi menu wajib bagi ponsel pintar Android, tak terkecuali ponsel Android besutan Samsung ini. Galaxy 551 berjalan pada jaringan GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz dan HSDPA 900/2100 MHz (up to 7.2MBps) serta HSUPA. Untuk konektivitas lokal anda dapat menggunakan Wi-Fi dengan dukungan DLNA yang memungkinkan anda menikmati konten digital dari perangkat lainnya yang juga bersertifikasi DLNA dan terhubung dengan Galaxy 551 serta Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP.

Tidak hanya sampai disitu, untuk memetakan posisi anda, konektivitas sekelas GPS dengan dukungan A-GPS sudah disediakan didalam handphone Android terbaru dari Samsung ini.Wi-Fi tethering sudah terdapat didalam handphone ini yang berfungsi untuk menjadikan handphone ini sebagai modem Wi-Fi.

Browser

Samsung Galaxy 551 sudah menggunakan OS Android Froyo yang semestinya sudah dapat menjalankan file flash pada browser. Namun tampaknya ini tidak berbeda dengan versi prototipenya yang belum juga dapat menjalankan file flash. Kami sudah mencoba berbagai cara dengan cara menginstal aplikasi flash player terbaru berekstensi .APK  menggunakan microSD atau menggunakan email yang langsung dapat diinstal pada handphone. Namun saat diinstal, terdapat notifikasi pada layar yang bertuliskan ”aplikasi mengalami masalah sehingga gagal untuk diinstal”. Tulisan ini cukup mengecewakan.


Sepertinya Galaxy 551 memang tidak mendukung flash. Kami melakukan ujicoba untuk membuka situs YouTube versi desktop dan bermain game Yoville pada Facebook namun terdapat tulisan anda perlu upgrade ke versi flash yang lebih tinggi.

Spesifikasi Samsung Galaxy 551 :

-GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz
-HSDPA 2100 MHz (up to 7.2MBps)
-Layar sentuh kapasitif multitouch berukuran 3.2 inci dengan kedalaman 256k warna beresolusi 240 x 400 piksel
-Kamera beresolusi 3.15 megapixel autofokus
-Android Froyo 2.2 dengan kustomisasi tampilan TouchWiz versi 3.0
-Keyboard QWERTY
-Akselerometer
-Lubang jack audio standar 3.5mm
-Slot eksternal microSD (up to 32GB) dan memory internal sebesar 160MB
-Konektivitas Wi-Fi dengan dukungan DLNA dan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP
-GPS dengan dukungan A-GPS
-Prosesor 667 Mhz dan RAM sebesar 256 MB
-Wi-Fi tethering

[source Teknoup]

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungan anda, jangan lupa tinggalkan komentar